Agar Pram Tak Jadi Berhala...

Resensi Buku: Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis (Eka Kurniawan, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2006)

(Media Indonesia, Kamis, 21 September 2006)

Oleh: Damhuri Muhammad

SUDAH jamak diketahui, sebagian besar pengagum karya-karya Pramoedya Ananta Toer adalah kalangan anak-anak muda penggila sastra. Tapi kekaguman itu belum disertai kajian kritis dan berimbang terhadap sosok kepengarangannya yang masih tampak bermuka dua itu. Belakangan ini, para pembaca setia itu nyaris tergelincir pada kekaguman yang berlebihan. Kecenderungan ini telah mendedahkan terminologi baru yang disebut Pramisme. Ini cukup berbahaya. Pram bisa saja berubah jadi 'berhala' yang selalu dipuja, tanpa cela.

Di sinilah pentingnya kajian komprehensif yang dilakukan sastrawan muda, Eka Kurniawan, lewat bukunya Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis. Buku ini dapat dianggap sebagai yang pertama membincang Pram dari sudut pandang anak muda. Eka hendak meluruskan kesimpangsiuran pemahaman terhadap realisme sosialis sebagai pijakan estetik kepengarangan Pram.

Penelusuran Eka tidak sekadar mempertegas realisme sosialis sebagai 'mazhab' kesenian para seniman Lekra di bawah patronasi Partai Komunis Indonesia (1950 sd pertengahan 1960). Lebih jauh ia menggali akar kefilsafatannya sejak perkembangan paling awal di Rusia--Maxim Gorky, yang dikenal sebagai pendiri realisme sosialis--sampai munculnya teoretikus-teoretikus seni realisme sosialis.

Sebelum mengungkap realisme sosialis dalam ruh kepengarangan Pram, pelacakan Eka menelikung jauh ke fase awal abad 20, khususnya pada kiprah kepengarangan Hadji Moekti lewat Hikajat Siti Mariah (Harian Medan Priaji, 7, Oktober 1910 sampai dengan 6 Januari 1912), Tirto Adhi Soerjo (1875-1918) lewat Nyai Permana dan yang paling penting adalah Hikajat Kadiroen (1920), karya Semaoen, tokoh sayap kiri Sarekat Islam yang kelak menjadi ketua pertama PKI.

Hasil riset kepustakaan Eka menunjukkan bahwa benih-benih realisme sosialis sudah mulai tertanam pada roman-roman tersebut, meskipun Hikajat Siti Mariah dan Nyai Permana, belum tampak mengontradiksikan dua kelas yang bertentangan (borjuis dan proletar). Tapi, (sebagaimana dikuatkan Pram) itu karena belum adanya pendidikan ideologi pada masa itu. Kadar sosialis lebih kental pada Student Hidjo (1919), karya Marco Kartodikromo dan tentu makin matang lagi pada 1950-an lewat Lekra yang secara nyata mengusung realisme sosialis sebagai pedoman proses kreatif para anggotanya. Dan, Pram salah seorang sastrawan yang berpengaruh di sana.

Di bagian ini, Eka menyingkap 'sisi lain' Pram yang barangkali belum banyak diketahui para pramis. Manuver-manuver 'politik kesenian' Pram dan kawan-kawan di Lekra dalam kasus tuduhan plagiat terhadap HAMKA diurai dalam buku ini. Lepas dari soal apakah Tenggelamnya Kapal van der Wijck itu roman plagiat atau tidak, harus dikatakan bahwa objektivitas sama sekali hilang dari serangan terus-menerus terhadap tokoh kawakan itu.

Persoalan ini sengaja dipolitisasi berlarut-larut untuk hancurkan kepengarangan HAMKA (A Teeuw, 1997). Begitu pula, artikel yang dimuat Pujangga Baru (1953), HB Jassin Sudah Lama Mati Sebelum Gantung Diri, serangan terhadap Jassin, penggiat humanisme universal. Tiap minggu, Lentera (halaman budaya harian Bintang Timoer) yang dipimpin Pram melancarkan serangan tak hanya pada ideologi 'kontrarevolusioner' para manikebuis, tapi juga aspek pribadi kehidupan mereka.

Pram bersikukuh bahwa karya sastra harus menggambarkan penderitaan rakyat dan perjuangan menentang penindasan kolonial. Ia membabat habis musuh-musuh yang tak mau menyerah, sesuai slogan Maxim Gorky yang dikaguminya if the enemy does not surrender, he must be destroyed.

Meski Eka sudah melakukan kajian berimbang perihal sisi terang dan sisi kelam Pram, masih terasa ada yang ditutup-tutupi. Misalnya soal pertentangan antara realisme sosialis (berkiblat pada humanisme proletar) versus manifes kebudayaan (Lekra menyebutnya Manikebu) yang menurut Pram dan kawan-kawan bermuara pada humanisme borjuis. Padahal, baik realisme sosialis maupun Manikebu sama-sama membangun konstruksi perlawanan terhadap kecenderungan seni modern yang asyik-masyuk dengan ambiguitas, ketidakpastian, lebih mengutamakan bentuk ketimbang isi.

Kehadiran buku ini telah melengkapi dan memperpanjang daftar kajian tentang Pram yang berhamburan sejak beberapa tahun belakangan ini. Pram memang sebuah fenomena, sekaligus sebuah problema. Barangkali, memang lebih baik Pram dilihat sebagai problema, ketimbang dianggap sebagai berhala.

Comments

Popular Posts